Latest Post


Zaman primitif. Bagi masyarakat primitif, sebuah tarian merupakan bagian dari pemujaan terhadap nenek moyang yang dilakukan setelah usai peperangan. Gerakan tarian inilah yang menyerupai gerakan-gerakan senam.
Zaman mesir kuno. Berdasarkan lukisan dinding didalam piramida, masyarakat Mesir kuno sudah mengenal senam melalui gerakan-gerakan yang menyerupai senam.

Zaman yunani kuno. Berdasarkan lukisan di jambangan, kereta, sekitar tahun 2000 SM, masyarakat yunani kuno telah mengenal senam, yaitu pada saat beradu melawan sapi melakukan gerakan-gerakan yang menyerupai senam.

Pada abad ke 20 senam mengalami banyak perubahan, baik gerakan atau sistemnya. Senam di bagi menjadi aliran senam irama, medis estetis, dan pembaharuan dalam musik. Pada zaman ini, frederik jahn menciptakan beberapa gerakan dengan mengkombinasikan latihan gimnastik dengan pertunjukan patriotik. Ia juga menemukan peralatan senam, yaitu palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang dan bak lompat. Sehingga di juluki sebagai bapak gymnastiek. Karna senam mengalami perkembangan di bentuklah wadah senam internasional, yaitu Federation International De Gymnastique (FIG) pada 23 Juli 1881 yang dihadiri oleh belgia, perancis, dan belanda di Liege.

Kemudian pada 1897, asosiasi nasional yang berjumlah 18 bergabung membentuk dasar dari European Gymnastics Federation. Tapi ketika amerika ikut bergabung, asosiasi ini diubah menjadi Federation International De Gymnastique (FIG) hingga sekarang. Di dalam FIG, ada tiga cabang olah raga Olimpiade, yaitu senam artistik, ritmik, dan trampolin. Pada setiap cabang tersebut diatur oleh sebuah technical committe dengan seorang presiden dan enam angoota. Tugas komite ini adalah mengkoordinasikan cabang olah raga mengenai teknis di dalam kompetisi.

Cabang olah raga ritmik menarik perhatian FIG pada pertengahan abad ke-20. Senam ini di sebut juga sebagai senam modern. Selain itu, cabang olah trampolin baru di resmikan pada 1 Januari 1999 sebagai cabang alah raga senam Olimpiade

Menurut Muhajir senam sekarang ini berasal dari Swedia sejak 1800-an dan menyebar ke seluruh Eropa Tengah dan Utara. Ketika itu senam dipelopori oleh Elli Bjorkstan.

Sejak 1896 senam sudah mulai dipertandingkan dan terus berlanjut sampai sekarang ini. Peraturan yang digunakan dalam pertandingan/perlombaan senam adalah peraturan yang ditetapkan oleh induk organisasi dunia, yaitu Federation Internationale De Gymnastiqua (FIG) .

Di Indonesia senam mulai dikembangkan sekitar 1963 pada Ganefo l di Jakarta. Pada saat itu senam artistik mulai di pertandingkan. Sejak itulah terpikir untuk membentuk organisasinya. Pada 14 Juli 1963 lahirlah PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Hingga 1984 telah tercatat 14 Pengda (Pengurus Daerah) antara lain , DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara


Wortel sangat baik untuk kesehatan, dan mengandung beberapa manfaat, tapi disini hanya kami posting 7 manfaat wortel.

7 Manfaat Wortel antara lain:


1. Sebagai Tonik

Memakan wortel mentah atau membuat juz darinya secara teratur dapat menjadi tonik yang sangat baik bagi mata dan kulit anda dan juga membantu dalam mencapai seta mempertahankan kondisi kesehatan umum yang sangat baik.

Memberikan wortel 2 hingga 3 sendok juz wortel di campur dengan satu sendok teh madu kepada anak yang lemas lesu akan menambah kekuatan mereka.

2. Masalah Mata

Meminum juz wortel memperbaiki kemampuan penglihatan.

Memakan wortel atau meminum juznya setiap hari sangat baik untuk mata, bahkan mampu mengobati rabun malam.

Mencuci mata dengan air bekas rebuasan wortel akan membuat mata sembuh dari ketegangan mata.

3. Sakit kepala

Minum juz kombinasi antara wortel, bit, dan timun berdasarkan riset ahli, dapat mengurangi sakit kepala.

4. Batu ginjal

Minum 1 gelas juz wortel, bit, dan mentimun ( dalam ukuran yang sama ) membantu untuk menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari tubuh.

Minum 1 gelas juz wortel dan sawi hijau dalam ukuran seimbang akan menghilangkan batu dari saluran empedu.

5. Rheumatik

Minum juz wortel secara teratur akan membantu menyembuhkan rheumatik.

Juz wortel di campur dengan bit dalam kuantitas yang sama akan memberikan kenyamanan seketika dari rheumatik

6. Masalah kulit

Minum juz wortel secara teratur dapat menyembuhkan jerawat, kulit kering, gatal-gatal, dan darah kotor. Dengan mengkonsumsi juz wortel secara teratur, maka akan memiliki kulit yang berkilau alami, bahkan akan memulai terlihat berwarna orange.

7. Gangguan perut

Minuman juz campuran wortel dan bayam setiap habis makan akan membantu menghilangkan sembelit.

Makan wortel segar atau minum juz wortel secara teratur akan menyembuhkan diare karna sakit pencernaan yang kronis, mengurangi kadarasam, dan menghilangkan kelainan fungsi perut.

8. Masalah kandung kemih


Minum juz wortel dua kali sehari akan menjaga saluran kemih bersih dan tidak tersumbat.

Tapi Semua yang menentukan adalah Tuhan YME, maka dari itu jangan lupa sambil berdoa.


Demikian 7 Fakta Manfaat Wortel, Selamat Belajar,! & Happy Blogging. ( http://halalpenting.blogspot.com)


Di dalam postingan yang lalu di sebutkan bahwa shalat berjamaah hukumnya fardhu/ wajib kifayah menurut kalangan Syafiiyah, ini menunjukkan betapa pentingnya berjamaah ini.

Setiap hari.. mungkin manusia punya kesibukan berbeda-beda, sehingga tidak memungkinkan untuk berjamaah setiap shalat wajib.

Postingan ini akan membahas tentang udzurnya berjamah, dalam masalah udzurnya berjamaah ini kita bisa merujuk pada perkataan ulamak yang di abadikan dalam kitab Al Hawasyil Madaniyyah juz l & ll halaman 11 & 13, serta kitab Qulyubi juz l halaman 226. Berikut perkataannya:
( ومدافعة الحدث) البول او الريح او الغائط وكذا كل خارج من الجوف وكل مشوش للخشوع . اهى

وكونه يخشى وقوع فتنة له اوبه وقوله (وقوع فتنة) في الامداد والنهاية لفرط جماله وهو امرد وقياسه ان يخشى هو افتتانا بمن هو كذلك .اهى

تنبيه: من الأعذار زلزلة ونعاس الى ان قال---- واستغال بمنذوب نحو مفاضلة ومسابقة وسمن مفرط وخشية فتنة له اوبه اهى

Melihat qaul di atas, maka selain menahan hadast seperti menghormati tamu, mengajar, dan lain-lainnya, yang bisa menghilangkan atau mengurangi kekhusyuan shalat berjamaah, maka di katagorikan udzur shalat berjamaah


mungkin masih ada pendapat lain selain di atas, apabila pembaca menemukannya, harap untuk menuliskannya di komentar.

Demikianlah Menghormati Tamu Udzur Jamaah, Selamat Belajar,! & Happy Blogging.
( http://halalpenting.blogspot.com)



Metode merupkan cara untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Untuk mengembangkan motorik anak guru dapat menerapkan metode-metode yang akan menjamin anak tidak mengalami cidera dan menyesuikannya dengan karakteristik anak Tk. Hal-hal yang perlu di lakukan guru dalam memilih metode untuk meningkatkann motorik anak Tk adalah menciptakan lingkungan yang aman dan kegiatan yang menantang, menyediakan tempat, bahan dan alat yang di pergunakan dalam keadaan baik, serta membimbing anak mengikuti kegiatan tanpa menimbulkan ras takut dan cemas dalam menggunakannya.

Metode senam adalah metode pembelajaran usia prasekolah dimana anak-anak di ajak untuk melakukan kegiatan Bergerak (senam) bersama yang berupa: kegiatan yang menggunakan musik untuk melakukannya bersama teman-temannya, yang mendatangkan kegembiraan, rasa senang dan asyik bagi anak.


Demikian Metode  Pengembangan  Motorik  Kasar Anak  Tk, Selamat Belajar!, & Happy Blogging. ( http://halalpenting.blogspot.com)

Gambar : horong123.com
Fungsi pengembangan motorik kasar pada anak Tk sebagai berikut:

a. Melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari

b. Memacu pertumbuhan dan pengembangan fisik/motorik, rohani dan kesehatan anak

c. Membentuk, membangun dan memperkuat tubuh anak

d. Melatih keterampilan/ketangkasan gerak dan berfikir anak

e. Meningkatkan perkembangan emosional anak

f. Meningkatkan perkembangan sosial anak

g. Menumbuhkan perasaan menyayangi dan memahami manfaat kesehatan pribadi


Demikian Fungsi  Pengembangan  Motorik  Kasar Pada  Anak  Tk, Selamat Belajar!, & Happy Blogging, (http://halalpenting.blogspot.com


Halal Penting   Kematian adalah suatu yang pasti yang akan di alami oleh semua makhluk Allah SWT.


Dalam Islam orang yang sudah meninggal dunia harus di rawat, bahkan Menurut Kalangan Syafiiyah merawat orang yang sudah meninggal semisal; memandikan,mengkafani, menyalati, dan mengubur adalah Fardhu Kifayah.

yang banyak terjadi adalah perbedaan pendapat tentang posisi imam saat menyalati jenazah.

Dimanakah sebenarnya posisi Imam saat menyalati jenazah / mayat? mari kita merujuk pada hadist Nabi Saw :


عَنْ أَبِى غَالِبٍ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَلَى جَنَازَةِ رَجُلٍ فَقَامَ حِيَالَ رَأْسِهِ ثُمَّ جَاءُوا بِجَنَازَةِ امْرَأَةٍ مِنْ قُرَيْشٍ فَقَالُوا يَا أَبَا حَمْزَةَ صَلِّ عَلَيْهَا. فَقَامَ حِيَالَ وَسَطِ السَّرِيرِ. فَقَالَ لَهُ الْعَلاَءُ بْنُ زِيَادٍ هَكَذَا رَأَيْتَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَامَ عَلَى الْجَنَازَةِ مُقَامَكَ مِنْهَا وَمِنَ الرَّجُلِ مُقَامَكَ مِنْهُ قَالَ نَعَمْ. فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ احْفَظُوا. (سنن الترمذي - ج 3 / ص 352)


”Abu Ghalib berkata: Saya salat janazah laki-laki bersama Anas bin Malik, kemudian ia berdiri lurus dengan kepala mayit. Lalu mereka mendatangkan janazah wanita dari Quraisy, mereka berkata: Wahai Abu Hamzah (kunyah / nama sebutan Anas), salatkanlah janazah wanita ini! Kemudian Anas berdiri lurus di tengah-tengah tempat janazah. Ala’ bin Ziyad bertanya: Seperti inikah engkau melihat Rasulullah Saw berdiri di depan janazah sebagaimana kamu berdiri di depan janazah laki-laki dan perempuan? Anas menjawab: Ya. Selesai salat Anas berkata: Jagalah oleh kalian” (HR Turmudzi, ia berkata hadis ini hasan. Asy-Syaukani berkata: Perawi sanadnya terpercaya)


Untuk posisi janazah wanita dijelaskan dalam hadis-hadis sahih:

عَن سَمُرَة بْن جُنْدُبٍ – رضى الله عنه – قَالَ صَلَّيْتُ وَرَاءَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – عَلَى امْرَأَةٍ مَاتَتْ فِى نِفَاسِهَا فَقَامَ عَلَيْهَا وَسَطَهَا (البخارى 1332)

”Samurah bin Jundub berkata: Saya salat di belakang Rasulullah Saw terhadap janazah wanita yang meninggal saat nifasnya, kemudian Rasulullah berdiri di tengah-tengahnya” (HR al-Bukhari 1332 dan Muslim 2281)


Kendati demikian, para ulama berbeda pendapat berdasarkan dalil masing-masing:

( وَقَدْ ذَهَبَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِلَى هَذَا ) أَيْ إِلَى أَنَّ الْإِمَامَ يَقُومُ حِذَاءَ رَأْسِ الرَّجُلِ وَحِذَاءَ عَجِيزَةِ الْمَرْأَةِ ( وَهُوَ قَوْلُ أَحْمَدَ وَإِسْحَاقَ ) وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ وَهُوَ الْحَقُّ وَهُوَ رِوَايَةٌ عَنْ أَبِي حَنِيفَةَ ... وَذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ إِلَى أَنَّ الْإِمَامَ يَقُومُ بِحِذَاءِ صَدْرِ الْمَيِّتِ رَجُلًا كَانَ أَوْ اِمْرَأَةً ، وَهُوَ قَوْلُ أَبِي حَنِيفَةَ الْمَشْهُورُ . وَقَالَ مَالِكٌ : يَقُومُ حِذَاءَ الرَّأْسِ مِنْهُمَا ، وَنُقِلَ عَنْهُ أَنْ يَقُومَ عِنْدَ وَسَطِ الرَّجُلِ وَعِنْدَ مَنْكِبَيْ الْمَرْأَةِ . وَقَالَ بَعْضُهُمْ : حِذَاءَ رَأْسِ الرَّجُلِ وَثَدْيِ الْمَرْأَةِ وَاسْتَدَلَّ بِفِعْلِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ... قَالَ الشَّوْكَانِيُّ بَعْدَ ذِكْرِ هَذِهِ الْأَقْوَالِ : وَقَدْ عَرَفْت أَنَّ الْأَدِلَّةَ دَلَّتْ عَلَى مَا ذَهَبَ إِلَيْهِ الشَّافِعِيُّ وَأَنَّ مَا عَدَاهُ لَا مُسْتَنَدَ لَهُ مِنْ الْمَرْفُوعِ إِلَّا مُجَرَّدُ الْخَطَأِ فِي الِاسْتِدْلَالِ أَوْ التَّعْوِيلِ عَلَى مَحْضِ الرَّأْيِ أَوْ تَرْجِيحِ مَا فَعَلَهُ الصَّحَابِيُّ عَلَى مَا فَعَلَهُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (تحفة الأحوذي - ج 3 / ص 91)

”Sebagian ulama berpendapat bahwa imam berdiri lurus dengan kepala janazah laki-laki, dan berdiri lurus dengan posisi tengah janazah wanita. Ini adalah pendapat Ahmad, Ishaq, dan Syafii. Ini adalah pendapat yang benar, dan sebuah riwayat dari Abu Hanifah. Sebagian ulama Hanafiyah berpendapat bahwa imam berdiri lurus dengan dada mayit, baik laki-laki maupun wanita, ini adalah pendapat yang masyhur dari Abu Hanifah. Malik berkata: Imam berdiri lurus dengan kepala janazah laki-laki maupun wanita. Diriwayatkan pula dari Malik bahwa imam berdiri di tengah janazah laki-laki dan pundak janazah wanita. Sebagian ulama berkata: Lurus dengan kepala mayit laki-laki dan dada mayit wanita. Mereka berdalil dengan yang dilakukan oleh Ali Ra. Asy-Syaukani berkata setelah menyebut pendapat-pendapat di atas: ”Anda mengetahui bahwa dalil-dalil menunjukkan pada pendapat Syafii. Dan pendapat lainnya tidak memiliki sandaran hadis kecuali kesalahan dalam mencari dalil atau berpegangan pada suatu pendapat atau menguatkan apa yang dilakukan sahabat daripada apa yang dilakukan oleh Nabi Saw” (Tuhfat al-Ahwadzi Syarah Sunan at-Tirmidzi 3/91)

Kesimpulannya adalah dalam perbedaan ulamak di atas sama-sama memiliki hujjah, silahkan anda mau Taqlid kepada siapa


Demikianlah Posisi Imam Saat Shalat Jenazah, Selamat Belajar! &Happy Blogging ( http;//halalpenting.blogspot.com)

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget